Senin, 22 Juni 2009

NGINTIP FILM ANIMASI YOOK….

Mau tau kan,napa bisa kepikiran buat film animasi?? Nah..kata nya mereka neehh..mulanya Cuma perantara aja buat orang lain..jadi penyemangat yang dibuat dari benda mati terus dibuat seolah-olah bergerak,yang pertama kali dibuat dengan gambar binatang kayak kuda,celeng,bison,binatang ini dibuat dengan 8 kaki dalam posisi yang berbeda dan menumpuk .

Percaya gak sehh….ternyata film animasi yang sekarang yang masih disukai dan udaha lama banget lahirnya bernama ‘FELIX THE CAT’ yang dibuat oleh Otto Messmer sekitar taon 1919, yang masih berwarna hitam putih sampe sekarang .warna nya animasi ini tetap hitam putih ya..barulah bermunculan film dari Walt Disney dari Amerika yang merintis animasi berwarna yang dijuluki “ COLOUR OF BOX” ,di sana ada Mickey Mouse,Donald Duck dll, tapi durasinya masih pendek , dan barulah tahun 1931 an dibuat film animasi terpanjang yang dikasi nama “ SNOW WHITE AND SEVEN DRAWFS “ .

Oh ya,ada yang penting lagi nih, sekarang ada bermunculan kata-kata film animasi 2D,3D dll,ya..mau tau kana apa-apa aja artinya….

2D (2 Dimensi) dilengkapin buat film kartun yang jadi animasi…Dan tau gak seehh ternyata arti kata kartuun itu beda arti sama arti animasi…Nah buat arti kartun berasal dari kata CARTOON..yang artinya gambar lucu seperti :Pink Panther, Doraemon, Tom and Jerry dan lain-lain.

Kalo 3 D (3 Dimensi) lebih maju dari film kartun,dengan teknologi nya udah kayak beneran contohnya aja film : FINAL FANTASI ,FINDING NEMO.Yang ini biasa di sebut 3D (CGI) Computer Generated Imagury

Animasi Tanah Liat (Clay Animation)

Teknik terbaru yang pastinya bukan dari tanah liat beneran akan tetapi memakai Plasticin yaitu bahan lentur dari permen karet yang nongolnya taon 1897 dan film animasi pertama dirilis bulan Februari 1908 yang namanya “SCULPTORS WELSH PAREBIT NIGHTMARS “

Animasi Jepang ( Anime)

Made in Jepang,dan bedanya dengan Film Animasi lainnya, kalo yang Anime ini juga ada yang buat orang dewasa. Pernah dengar Film Astro Boy???, Nah animasi yang dibuat DR Osamu Tezuka ini salah satu contoh Anime .

Eitz..Indonesia juga punya karya Animasi juga lo…taon 80-an sempat Booming ,yang namanya ‘SI HUMA ‘ dan jadi favo lo…dan taon 2004 Sutradara Gangsar Waskito juga nelorin Animasi yang bergenre 3D dan di kasi nama ‘HOMELAND’….Ada yang mau nyusul ????


0 komentar:

Template by : Kendhin x-template.blogspot.com